Saat kita masuk ke dunia blogging, disitu pasti kita akan menemukan beberap istilah yang mungkin kita tidak tahu atau awam, bahkan mungkin baru pertama kali dengar. Untuk itu mari kita ulas sekilas tentang beberapa istilah yang populer dalam dunia blogging.


Istilah istilah dalam dunia blogging yang wajib diketahui oleh blogger


1. Blogger

 

Blogger merupakan istilah sebutan untuk orang yang memiliki blog dan aktif menjalankan blog nya. Para blogger ini juga mengisi blog mereka dengan konten / artikel  yang berisi tentang informasi berguna bagi pembaca blog mereka.

 

2. Blog

 

Blog merupakan singkatan dari Website Log yang dapat diartikan sebagai suatu situs berisi artikel artikel yang dibuat oleh pemiliki situs untuk memberikan informasi kepada pembaca.

 

Blog biasanya berisi pengalaman pribadi dari blogger sendiri yang ditulis untuk dibagikan secara umum dan juga bisa berisi informasi informasi berdasarkan Niche topik tertentu.

 

3. Niche

 

Niche blog memiliki arti sebagai blog yang hanya menargetkan 1 topik saja yang di bahas dalam blognya. Niche blog dapat bermacam macam tergantung target topik yang dibahas oleh blogger seperti Niche blog tentang bisnis, kesehatan, kecantikan, dan lain lain.

 

4. Domain

 

Domain dapat diartikan sebagai nama yang berikan untuk situs anda dan digunakan untuk mengidentifikasi situs sehingga pengunjung dapat dengan mudah menemukan alamat situs tersebut. Ibaratnya domain itu adalah alamat rumah, jadi alamat tersebut hanya anda yang memilikinya.

Apabila membuat nama domain “contoh : bloganda.com” maka anda satu satunya pemilik situs dengan  nama tersebut sehingga hal ini membuat pencari situs dapat dengan mudah menemukan situs milik anda hanya dengan mengetikkan nama dari situs tersebut.

 

5. Hosting

 

Hosting merupakan suatu tempat menyimpan file dan data untuk situs anda, jadi apabila di ibaratkan hosting itu merupakan rumah. Hosting terbagi 2 yaitu hosting gratisan dan hosting berbayar.

Perbedaannya adalah apabila kita memilih hosting berbayar maka tentu memiliki banyak kelebihan seperti fitur yang lebih lengkap, terdapat kemudahan dalam mengatur space iklan dan tingkat keamanan yang lebih tinggi. Sedangkan apabila anda memilih hosting gratisan anda tidak bisa menentukan space iklan yang anda inginkan, tingkat keamanan yang lebih rendah dan akses yang lebih lambat.

 

6. Traffic

 

Dalam dunia blogging, traffic dapat diartikan sebagai banyaknya pengunjung ke situs/website. Dalam dunia blogging traffic sangatlah penting karena itulah tujuan dari para blogger membuat blog mereka.

 

Traffic secara jenis terbagi 3 yaitu :

Dirrect Trafic, adalah traffic yang datang ke suatu situs tanpa perantara, artinya mereka langsung mengetikan alamat situs tersebut di browser. Biasanya Dirrect Traffic ini merupakan pengunjung setia dari blog anda.

Organic Traffic, adalah traffic yang menemukan suatu website di mesin pencari seperti di google, bing, yahoo. Traffic dari jenis ini biasanya menjadi penyumbang terbesar pengunjung untuk masuk ke website asalkan website tersebut memiliki posisi yang bagus di mesin pencari.

Refferal Traffic, Traffic jenis ini mendatangkan pengunjung ke website dari media social seperti facebook, twitter, googeplus dan juga dari social bookmarking. Reffereal Traffic juga terbagi 2 yaitu berbayar dan gratisan.

 

7. Backlink

 

Backlink dalam artian link balik merupakan link yang berada di suatu situs yang dapat mengantarkan ke situs yang lain atau secara sederhana backlink merupakan suatu hubungan antara satu situs dengan situs yang lain.

 

8. Keyword

 

Keyword adalah kata kunci yang diketikkan oleh pencari informasi ke mesin pencari (search engine) untuk menemukan informasi yang diinginkan oleh pencari informasi tersebut.

 

Keyword sendiri terbagi dalam 2 jenis yaitu:

Short Tail Keyword, atau keyword yang hanya terdiri dari hanya 1 atau 2 suku kata saja seperti : Rumah Murah, Beli Rumah, Harga Rumah, dan lain lain.

Long Tail keyword, atau keyword yang terdiri lebih dari 2 suku kata seperti : Beli Rumah Murah di Kawasan Jakarta Selatan, Harga Rumah Minimalis di Bandung, dan lain lain.

 

9. Komentar Spam

 

Kemungkinan besar anda pernah mendapat komentar di situs anda dengan ciri ciri berikut,

Komentar yang tidak sesuai dan tidak relevan terhadap isi artikel yang anda di tampilkan.

Komentar tersebut terdapat berisi link ke suatu situs tertentu (biasanya ke situs yang kualitasnya lebih rendah)

Komentar mengenai promosi sebuah produk atau jasa

Jenis komentar tersebut dapat diartikan sebagai komentar spam dan sayangnya hal itu dapat berpengaruh buruk pada situs yang melakukan spam dan juga situs yang diberikan komentar spam atau efeknya dapat merugikan dua pihak sekaligus maka dari itu komentar spam sangat tidak dianjurkan untuk dilakukan.

 

10. Anchor Text

 

Sederhananya Anchor Text adalah link hidup yang apabila di klik dapat menghantar anda ke halaman lain atau juga ke sebuah situs tertentu.


11. Social Bookmarking

 

Social bookmarking dapat diartikan sebagai suatu situs atau wadah dimana pengguna internet dapat berbagi, menandai, dan menyimpan suatu alamat situs yang dianggap menarik atau penting. Di situs social bookmarking terdapat ribuan situs yang ter bookmark setiap harinya.

Inilah beberapa social bookmarking yang popular, yaitu Delicious, Digg dan Pinterest

 

12. SEO

 

SEO (Search Engine Optimization) atau dalam bahasa Indonesia diartikan sebagai optimisasi mesin pencari secara sederhana memiliki makna segala upaya yang dilakukan untuk meningkatkan ranking dan popularitas situs di mata mesin pencari (Google, Yahoo, Bing).

 

Dalam penggunaanya SEO juga terbagi 2 yaitu White Hat SEO dan Black Hat SEO

 

13. White hat SEO

 

White Hat SEO adalah teknik SEO untuk meningkatkan popularitas dan ranking situs di mesin pencari menggunakan cara cara yang direkomendasikan oleh mesin pencari.

Beberapa teknik White Hat SEO adalah Membuat konten berkualitas, Optimasi kata kunci, dan Melakukan link building.

 

14. Black Hat SEO

 

Black Hat SEO adalah teknik untuk meningkatkan popularitas dan ranking situs di mesin pencari tetapi dengan menggunakan cara cara yang tidak dianjurkan oleh mesin pencari dan juga teknik ini dapat berpengaruh buruk ke situs yang anda optimasi.

Beberapa teknik Black Hat Seo adalah Spamming, Link tidak terlihat dan Keyword stuffing.

 

15. Subscribe

 

Pengunjung setia suatu blog atau situs yang selalu mendapatkan pemberitahuan apabila situs langganannya menerbitkan konten terbaru. Pemberitahuan tersebut bisa berupa subscribe via email dan subscribe via RSS.

 

16. Pagerank

 

Pagerank merupakan algoritma untuk menentukan situs mana yang lebih populer dan berkualitas di mata mesin pencari khususnya google. Hal ini dikarenakan Pagerank di ciptakan oleh pendiri Google sendiri yaitu Larry Page dan Sergey Brin

 

17. Blogwalking

 

Blogwalking merupakan kegiatan saling mengunjungi ke situs antara satu blogger dengan blogger lainnya. Blogwalking sendiri memiliki banyak manfaat positif bagi blogger, diantaranya, Menambah teman antar blogger, Mendapatkan tambahan pengunjung, Sarana untuk promosi dan Mendapatkan inspirasi dari blogger lain.

 

18. Alexa Rank

 

Alexa Rank merupakan penghitungan peringkat dan kualitas suatu situs berdasarkan banyaknya traffic yang dilakukan oleh alexa.com dimana situs tersebut merupakan anak perusahaan dari amazon.com.

Dalam perhitungan Alexa Rank apabila semakin kecil angka penilaian anda maka semakin bagus atau populer situs yang anda miliki.