Saat ini, perkembangan internet memang memudahkan banyak orang untuk mencari informasi. Dengan adanya akses internet, segala sesuatu menjadi lebih mudah. Bukan hanya itu saja, internet juga dapat digunakan untuk menghasilkan uang. Apalagi di era modern ini, dengan perkembangan teknologi yang secara gampang memberi kesempatan pada banyak orang khususnya para pedagang untuk berjualan menggunakan internet.

 

Belakangan, bisnis online juga banyak digandrungi. Mulai dari anak sekolah sampai ibu muda, semua mencoba peruntungannya masing-masing. Banyak orang yang mulai menekuni bisnis online shop. Tidak hanya karena faktor keuntungan yang menjanjikan, tetapi bisnis online ini bisa dikerjakan sebagai bisnis sampingan dari rumah.

 

Terlebih lagi, jiwa enterpreneur bisa dimiliki oleh siapa saja. Ini dibuktikan dengan banyaknya eksekutif muda yang kini ikut meramaikan perkembangan ekonomi nasional melalui bisnis online shop.

 

Selain itu, kekuatan media sosial pun sangat mendominasi dunia di era ini. Berbagai elemen masyarakat selalu memfokuskan perhatiannya di sana. Jadi, media sosial bisa menjadi alternatif menjalankan bisnis online karena diakses oleh jutaan orang setiap harinya, seperti di Instagram, Facebook, BBM, Line, SMS, Whatsapp, Instagram, dan lain-lainnya.

 




Emmmm...terus bagaimana caranya memulai bisnis online tanpa harus merogoh kocek? Yuk kita bedah bareng-bareng.

 

1. Sistem Pre Order

Cara bisnis online shop tanpa modal yang pertama ini adalah dengan membuka sistem pre order. Anda bisa memulai bisnis online tanpa modal karena Anda hanya perlu menjalin kerjasama dengan penyalur produk.

 

Misalnya, Anda berencana untuk memulai bisnis Hijab online. Tidak perlu repot memikirkan modal yang menggunung. Siapkan saja laptop atau komputer sebagai media penghubung antara Anda selaku penjual dengan konsumen. Jika tidak ada laptop, ponsel pun cukup untuk menjalankan bisnis ini.

 

Selanjutnya, buatlah katalog produk yang sudah disetujui oleh Anda dan penyalur produk. Beri tenggat waktu pemesanan sampai tanggal tertentu sebagai batas akhir pemesanan. Dengan cara ini, konsumen bisnis online milik Anda akan menyetorkan uang muka yang bisa digunakan untuk membayar produk kepada si penyalur.

 

Jangan lupa untuk mengatur tanggal pelunasan agar konsumen tidak hit and run alias kabur setelah Anda menyiapkan produk yang dipesan. Meskipun terlihat mudah, Anda harus tetap waspada dengan adanya penipuan, entah dari penyalur maupun konsumen ketika memilih cara bisnis online shop tanpa modal yang satu ini.

 

 

2. Reseller atau Dropshipper

Apa itu reseller atau dropshipper?

Sederhananya, Reseller adalah seseorang yang menjual produk orang lain. Kemudian, dropshipper adalah seseorang yang menjual barang orang lain, namun menggunakan nama pribadinya.

 

Bila ada yang bertanya usaha online apa yang paling laris?. Bisa dibilang ini adalah pilihan yang paling diminati dan mudah dilakukan. Anda tak perlu repot memikirkan konsep bisnis atau bahkan membuat produk.

 

Ini beberapa langkahnya, Temukan barang yang akan dijual, Buat akun di situs penjualan, Buat akun media social, Promosikan produk yang Anda jual, Dijamin bisnis ini tidak akan merugikan!,

Kenapa?

Pertama, tak perlu memikkan konsep bisnis.

Kedua, tak perlu repot-repot mencari produk.

Ketiga, bisa menjual produk tersebut dengan selisih harga tertentu.

 

Bayangkan:

Anda akan mendapatkan keuntungan hanya dengan memasarkan produk.

Tak perlu takut rugi karena Anda bisa membeli produk kepada penjual utama saat ada pesanan.

 

Satu hal yang harus dipastikan:

Produk yang dijual memang berkualitas.

Sangat disarankan juga untuk memiliki banyak akun jualan online.

 

Ini akan membuat para calon pembeli dapat dengan mudah menemukan produk Anda.

Secara sederhana, menjadi reseller atau dropshipper berlaku sama seperti memasarkan produk yang telah Anda setujui dengan pemilik produk asli. Maka, Anda harus mempromosikan produk-produk yang sudah Anda setujui. Bisa berupa foto-foto di Instagram, Line, dan website lain.

 

Namun, pastikan Anda telah memilih produk dengan kualitas baik. Hal ini dilakukan agar nantinya tidak ada komplain dari konsumen. Selain itu, pastikan supplier atau penyalur produk adalah seseorang yang dapat dipercaya.

 

 

3. Jasa Titip atau Hand Carry

Untuk cara yang berikut ini, Anda bisa merintis bisnis online shop tanpa mengeluarkan modal, yaitu dengan menyediakan jasa titip. Jastip atau hand carry untuk mendapat keuntungan melimpah biasanya dilakukan saat Anda sedang bepergian ke luar kota atau bahkan luar negeri.

 

Entah itu berlibur maupun acara kantor, Anda tidak akan mengeluarkan uang untuk membelanjakan barang titipan karena sebelumnya Anda telah mempromosikan di media sosial. Sistemnya hampir sama seperti sistem pre order, yaitu dengan cara menentukan tenggat waktu pemesanan.

 

Sebelum pesanan ditutup, Anda akan mendapatkan uang berupa uang muka maupun pelunasan yang dapat Anda gunakan untuk membeli barang titipan tersebut. Namun, cara bisnis online shop tanpa modal yang satu ini memiliki beberapa kekurangan.

 

Salah satunya, Anda harus sering bepergian ke luar kota agar Anda bisa mendapat pesanan. Selain itu, karena barang yang ditawarkan biasanya bermacam-macam, Anda harus bepergian ke tempat berbeda yang pasti akan menguras tenaga.

 

 

4. Blogger

Bisnis online ini cocok untuk Anda yang sangat suka bercerita. Kalau tadinya Anda suka bercerita di buku diary, kini saatnya beralih pakai internet. Anda bisa membuat sendiri blog atau bahkan website khusus.

 

Bisnis rumahan yang satu ini sangat menguntungkan! Kok bisa? ‘Kan hanya nulis-nulis?

 

Eits… jangan salah!

Anda bisa mendapatkan banyak uang hanya dengan menulis. Ketika memiliki blog sendiri, Anda bias memasang iklan online melalui Google Adsense, atau menjual jasa review. Tentunya kedua hal di atas bisa Anda lakukan kalau umur blog sudah lama dan aktif diisi oleh beragam konten. Anda bisa memasang iklan menggunakan Google Adsense. Apabila awalnya ditolak, jangan menyerah untuk mencobanya lagi.

 

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menentukan konsep blog tersebut. Kira-kira topik apa saja yang akan Anda tulis. Tentunya semakin banyak blog, maka akan semakin menguntungkan.

 

 



5. Translator

Selain ketiga cara di atas, ada lagi cara bisnis online shop tanpa modal yang menggiurkan. Berbeda dengan tiga cara sebelumnya, cara yang ini menyediakan jasa untuk pelanggan. Seperti namanya, translator dalam bahasa Indonesia berarti penerjemah.

 

Artinya, Anda menyediakan jasa terjemahan bagi mereka yang membutuhkan. Sudah pasti Anda tidak membutuhkan modal sepeserpun, kecuali komputer atau laptop yang Anda gunakan untuk menerjemahkan tulisan.

 

Terlebih lagi, di zaman globalisasi seperti saat ini, bahasa asing begitu penting agar bisa berkomunikasi dengan sesama. Namun, bisa juga untuk kepentingan pendidikan dan karier seperti terjemahan abstrak atau resume. Selain itu, Anda tidak perlu mengurus produk-produk berwujud karena hanya dengan mengetik saja, Anda akan segera mendapatkan keuntungan.

 

 

6. Vlogger

Vlog adalah singkatan dari video blog. Jadi isinya mirip-mirip seperti blog, namun dikemas dalam bentuk video. Anda bisa membuat beragam video ulasan, mulai dari Kehidupan pribadi, kuliner, travelling, dan lain sebagainya.

 

Kalau yang satu ini nampaknya sedang banyak dilakukan oleh generasi millenial. Anda bisa memulainya menggunakan kamera handphone. Anda hanya perlu Percaya diri, Kreatif, Punya kemampuan mengedit, gunakanlah efek-efek unik di video Anda agar hasilnya lebih maksimal.

 

Jika sudah, maka unggah ke situs penyedia konten video. Anda bisa mengunggahnya secara gratis, lho!

 

Semakin menarik video yang dibuat, maka yang melihat pun akan semakin banyak. Kalau yang melihat video Anda sudah semakin banyak, Uang jutaan rupiah pun bisa Anda dapatkan.